07 December 2010

Seri Pembahasan Soal Ujian CPNS Bahasa Indonesia #3

10 komentar

1.       "Rayonisasi dulu dan sekarang itu berbeda". Kalau dulu rayonisasi  mengelompokkan anak untuk melanjutkan sekolah pada daerah tertentu,  sekarang hanya membantu orang tua murid mendaftar sekolah. Jadi lebih bersifat  pelayanan. "Sekarang, murid bebas memilih sekolah", kata Abdul Rochim, Kepala  Subdinas Pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Dinas  Pendidikan Dasar Provinsi DKI Jakarta, saat ditemui Kompas sebelum acara  Sosialisasi PSB 2002-2003 di Jakarta, Jumat (10/5). (Sumber: Kompas, Sabtu, 11 Mei 2002). Gagasan utama paragraf di atas adalah ........ 
A.  perbedaan pengertian rayonisasi dulu dengan sekarang 
B. rayonisasi adalah mengelompokkan anak untuk melanjutkan 
C. rayonisasi adalah wujud yang bersifat pelayanan 
D.  kebebasan murid untuk memilih sekolah 
E.  pernyataan Kepala Subdinas Pendidikan SLTP 
Jawab: A
Pembahasan:
Gagasan utama atau pokok pikiran sebuah paragraf adalah inti dari hal-hal yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Untuk menemukan gagaran utama, cari dulu kalimat utama. Dalam sebuah paragraph terdapat kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama bersifat umum, sedangkan kalimat penjelas lebih detail atau merupakan penjelasan dari kalimat utama. Kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah "Rayonisasi dulu dan sekarang itu berbeda". Kalimat-kalimat selanjutnya merupakan penjelas dari kalimat "utama tersebut..
2.       (1) Peserta Perubahaan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. (2) Mereka tahu betul arti rumah yang sehat dan indah. (3) Untuk bisa memilih rumah, mereka sebaiknya melakukan arisan di antara kelompok tani. (4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri" 2200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. (5) Dua puluh anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ........ 
A.  1 dan 2 
B.  1 dan 3 
C.  3 dan 4 
D.  3 dan 5 
E.  4 dan 5 
Jawab: E
Pembahasan:
Kalimat dapat berupa fakta, opini/pendapat, dan kesimpulan. Fakta adalah hal berupa keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan yang ada dan telah terjadi.  Pendapat (opini) adalah pernyataan yang berdasarkan pikiran, anggapan, perkiraan, atau pendirian dari seseorang. Kesimpulan adalah pendapat terakhir yang berdasarkan uraian-uraian sebelumnya.
3.       Berhari-hari lamanya dia berjalan mondar-mandir keluar-masuk kantor. Dilihatnya banyak orang berdiri di depan loket. Ada yang sedang bercakap-cakap, tetapi tidak seorang pun yang tertawa-tawa, tanya-menanya, atau pandang-memandang.
Kata ulang yang menyatakan berbalasan dalam paragraf di atas adalah ........ 
A. berhari-hari, mondar-mandir, bercakap-cakap 
B. bercakap-cakap, tanya-menanya, pandang-memandang 
C.  berhari-hari, bercakap-cakap, tertawa-tawa 
D.  tertawa-tawa, tanya-menanya, lihat-melihat 
E.  tanya-menanya, lihat-melihat, berhari-hari 
Jawab: B
Pembahasan:
Makna kata ulang dalam berhari-hari: beberapa, mondar-mandir: berkali-kali, bercakap-cakap: saling/berbalasan, tertawa-tawa: berkali-kali, tanya-menanya: berbalasan, pandang-memandang: berbalasan.
4.       Kalimat yang menggunakan kata ulang yang tepat adalah ........
A.  Semua siswa-siswa kelas tiga SMU harus mengikuti ujian nasional. 
B.  Banyak anak-anak zaman sekarang kurang menghargai orang yang lebih tua. 
C.  Guru-guru merupakan ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 
D.  Banyak soal-soal bahasa Indonesia yang tidak dapat dijawab siswa.  
E.  Para buruh-buruh pabrik melakukan demonstrasi kenaikan gaji.
Jawab: C
Pembahasan:
Kata ulang dalam semua kalmat di atas bermakna’banyak’ sehingga tidak perlu ditambah kata semua, banyak, dan para.
5.       Pasangan kalimat yang menggunakan kata berhomograf adalah ........
A.    Pemimpin yang baik harus mempunyai mental yang baik pula. Pengendara  yang mengalami kecelakaan itu mental dari sepeda motornya. 
B. Buku jari tangan adikku terluka saat mengupas mangga. Buku bacaan untuk anak-anak sebaiknya mempunyai unsur didik. 
C. Kopi surat kenaikan pangkat itu dibuat rangkap dua. Kopi kiriman ibu dari Medan sudah dibagi-bagikan kepada tetangga. 
D.  Kaca jendela rumah itu sudah buram karena jarang dibersihkan. Andi mengerjakannya di kertas buram.
E. Pada masa sekarang ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi. Gerakan massa dapat dikendalikan oleh aparat. 
Jawab: A
Pembahasan:
  • ·         Tulisan sama, bunyi dan arti berbeda: homograf.
  • ·         Tulisan dan arti berbeda, bunyi sama: homofon.
  • ·         Tulisan dan bunyi sama, arti berbeda, merupakan dua kata berbeda: homonim.
  • ·         Sebuah kata yang menurunkan banyak makna : polisemi. 
(soal dikutip dari www.cpns-id.com)
..... (bersambung)
Jika ada pertanyaan mengenai soal-soal CPNS Bahasa Indonesia, silakan masukkan dalam komentar. Saya akan coba menjawabnya.

10 Responses so far

  1. hmm ... ternyata utk soal2 cpns masih banyak terdapat soal2 kognitif, ya, pak. beda banget dengan soal2 ujian nasional.

  2. Pakeko says:

    iya pak... utk soal SPMB juga demikian,,

  3. Wah blog Pak Eko tentang CPNS an ya ...

    Salam dari Solo

  4. Hehehe. baru kali ini nemu blog yang membahas soal CPNS. biasanya sih soal - soal anak SD - SMA yang suka di bahas. :)

  5. pakeko says:

    Ratansolo: Bapak di Mj9, saya di Mj8. CPNS-an karena sedang musim, pak. Salam dari Mojolaban!
    Danu: Apa iya to?

  6. choirul says:

    wah kerenseklai ya blognya bahas soal cpns....

  7. Bahas Indonesia itu gampang-gampang susah, kadang harus membaca berulang kali untuk memahami soal..he.he..

  8. Imtikhan says:

    salam sahabat
    berkunjung silaturrahmi
    sekalian izin follow

  9. soalnya lumayan susah ya.
    hebat nih bsia ngebahas

  10. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!