29 November 2010

Seri Pembahasan Soal Ujian CPNS Bahasa Indonesia #1

0 komentar

Mulai hari ini, akan saya hadirkan seri pembahasan soal-soal ujian CPNS Bahasa Indonesia. Soal-soal saya ambil dari blog penyedia soal CPNS, namun pembahasannya dari saya sendiri, sembari mengumpulkan serpihan-serpihan ilmu di masa silam sehingga tidak berantakan Semoga bermanfaat.

TATA TULIS
1. Penulisan kata-kata berikut yang tepat adalah…..
a. dwi fungsi
b. antar bangsa
c. tanggung jawab
d. ketidak-adilan
e. terus menerus
(soal dikutip dari sini)
Jawab: c
Pembahasan:
a.    Penulisan kata dwi fungsi seharusnya dwifungsi. “Dwi” termasuk morfem terikat, artinya tidak bisa berdiri sendiri sebagai sebuah kata, harus ada kata lain yang mengikutinya. Morfem terikat penulisannya digabung dengan kata yang mengikutinya. Contoh morfem terikat lainnya adalah: pra, pasca, eko, tri, catur, panca, sapta,  swa, dan sebagainya.
b.    Morfem “antar” yang berarti ‘antara…. dan ….’ merupakan morfem terikat sehingga penulisannya digabung dengan kata yang mengikutinya. Kata “antar” yang berarti kirim/membawa/mengantarkan ditulis terpisah karena merupakan morfem bebas yang bisa berdiri sendiri. Contoh dalam kalimat: Akan saya antar kamu sampai terminal.
c.    Gabungan kata “tanggung jawab” termasuk kata majemuk. Kata majemuk adalah gabungan kata yang memiliki makna baru. Kata “tanggung” dan “jawab” masing-masing merupakan morfem bebas, jadi penulisannya dipisah. Contoh kata majemuk yang lain adalah sapu tangan, ibu kota, ibu negara, anak buah, dan sebagainya.
d.    Kata “ketidakadilan” terbentuk dari gabungan kata “tidak adil” yang mendapat imbuhan ke-an. Imbuhan tersebut disebut konfiks. Gabungan kata yang mendapat konfiks penulisannya digabung tanpa tanda hubung, jadi yang benar adalah “ketidakadilan”. Contoh lain: pertanggungjawaban, menindaklanjuti, menganaktirikan, dan sebagainya.
e.    Kata “terus-menerus” termasuk kata ulang berimbuhan. Penulisan kata ulang menggunakan tanda hubung. Contoh lain: anak-anak, berpanas-panas, dan sebagainya.
..... (bersambung)
Jika ada pertanyaan mengenai soal-soal CPNS Bahasa Indonesia, silakan masukkan dalam komentar. Saya akan coba menjawabnya.

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!