31 January 2011

Mendadak Berpulang

11 komentar
Jumat pagi, 28 Januari 2011 pukul 06.09 WIB saya mengaktifkan ponsel saya setelah semalaman tidak aktif. Beberapa detik setelah ponsel aktif, saya menerima pesan singkat dari rekan satu kantor:
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Ya Allah baru saja aku dpt kbr, Pak Rusmanto meninggal ...
Kaget dan tidak percaya! Saya lihat di jam pengirimannya, pesan tersebut dikirimkan pukul 05.07 WIB. Suungguh saya tak percaya. Langsung saja saya SMS atasan langsung saya untuk konformasikan hal tersebut. Belum dapat jawaban dari atasan langsung saya, datang lagi SMS dari rekan kerja yang lain, yang ternyata dikirimkan lebih awal dari SMS yang pertama, yaitu pukul 04.27 WIB:
Lelayu, Bp Rusmanto telah meninggal dunia... Sementara ini jenasah masih di RS dr. Oen. Main tenis sesek, kemungkinan jantung.
Selanjutnya, datang pula dua SMS dari rekan kerja lainnya yang isinya sama persis dengan SMS di atas. Baru kemudian datang SMS dari atasan langsung saya yang menyatakan bahwa berita tersebut benar.
Kaget, tak percaya, sedih, berduka, bercampur baur perasaan saya. Hari sebelumnya, Kamis 27 Januari 2011, saat di kantor, beliau masih segar bugar, sehat wal afiat. Maka dari itu, walaupun sudah dapat jawaban dari atasan langsung saya, saya masih beranggapan berita itu hoax. Dalam batin saya, sebelum sampai kantor dan mengetahui berita sebenarnya, saya masih belum percaya. Sesampainya di kantor, suasana duka langsung terasa. Ternyata berita itu benar!

Drs. Rusmanto, M.H. adalah Kepala Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi Kabupaten Sukoharjo, tempat saya bekerja. Dalam pandangan saya, beliau adalah sosok pemimpin yang tegas, mengedepankan loyalitas, ngayomi, humoris, dan selalu memberi arahan yang jelas untuk anak buah. Selain itu, beliau selalu memperjuangkan karier bagi anak buahnya. Sudah belasan pegawai Dishub Infokom yang mendapatkan promosi jabatan selama kepemimpinan beliau.
Semuanya milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Kita tidak akan pernah tahu kapan ajal menjemput. Selamat jalan Pak Rus. Semoga mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya sesuai dengan amal bakti. Amin.

 
 

11 Responses so far

  1. Ikut berbelasungkawa atas kepergian beliau.
    Semoga penggantinya bisa melanjutkan perjuangannya.

  2. demikianlah pak ajal kita tidak tahu kapan datangnya pertanyaannya apakah kita sudah siap kalau kita yang dijemput

  3. Arifbisri says:

    Ikut belasungkawa pak.

  4. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun
    Ane tidak mengenal Bapak Drs. Rusmanto, M.H namun sebagai sesama manusia Ane turut berbelasungkawa, Kewajiban kita untuk meneruskan kebaikannya dan menutup setiap aib... .semoga amal ibadah beliau diterima... .

  5. fonegaa says:

    turut berduka cita yah :(

  6. Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bp. Rusmanto.

  7. Dwi says:

    Ikut berduka cita Pak,, semoga amal ibadah beliau diterima disisiNya, amin.

  8. Andy MSE says:

    kok mendadak ya? :-(

  9. fizer0 says:

    turut berbelasungkawa...

  10. semoga diterima semua amal kenbaikannya

  11. Sukadi says:

    Semoga diterima amal ibadah beliau, dan ditempatkan ditempat yang terbaik...

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!