29 October 2010

Dishubinfokom Kab Sukoharjo Gelar Pelatihan KIM

6 komentar
Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi (Dishubinfokom) Kabupaten Sukoharjo pada hari Selasa, 27 Oktober 2010 mengadakan acara bertajuk Pelatihan SDM bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Acara ini diselenggarakan di RM Anugerah Sukoharjo, dengan menampilkan empat narasumber, yaitu:
1.Sri Fatma Setyorini S.D, S.S, M.IDS, M.Ec.Dev. dari Dishubinfokom Sukoharjo dengan materi "Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai Agen Strategis Penyebaran Informasi Publik";
2. Asteria D.J, S.T, M.M. dari Dishubkominfo Prov. Jateng, dengan materi "Peran dan Kontribusi KIM dalam Kebijakan Publik";
3. Dra. Betty Gama, M.Si. dari Univet Bantara Sukoharjo dengan materi "Peran dan Kontribusi KIM dalam Kebijakan Publik"
4. Sutiman, S.Sn. dari KIM Sekar Arum/Kelompok Pertunjukan Rakyat Lesung Ngumandhang, dengan materi "Seni Tradisi dan Seni Rakyat Pembangkit Keharmonisan dan Ketenteraman".
Acara ini dihadiri sekitar 30 peserta, terdiri atas kelompok-kelompok informasi, kelompok tani, kelompok UKM, dan kelompok pertunjukan rakyat di Sukoharjo.
Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Infokom Dishubinfokom Sukoharjo, Basuki Budi S, dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan dan memberdayakan lembaga komunikasi sosial yang diarahkan untuk mewujudkan jejaring desiminasi nasional, mendorong partisipasi masyarakat dalam demokrasi dan pembangunan, mendorong peningkatan kualitas kecerdasan masyarakat dalam mengkonsumsi informasi, dan membangun masyarakat informasi.
Dalam sambutan tertulisnya, Kepala Dishubinfokom Sukoharjo, Rusmanto, menyatakan bahwa Sesuai dengan Permenkominfo No. 08/Per/M.Kominfo/6/2010, yang dimaksud dengan Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah. KIM merupakan bentuk atau pengembangan dari Klompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintahan saat ini.
Selain diisi dengan pemaparan materi, acara ini juga diisi dengan penampilan kesenian tradisional musik lesung dari KIM Sekar Arum/Kelompok Pertunjukan Rakyat Lesung Ngumandhang.
Penampilan Lesung Ngumandhang

6 Responses so far

  1. semoga pelatihannya lancar, terus ilmu yang didapat dari pelatihan dapat berguna.... :)

  2. setyodh says:

    jangan lupa UU KIP lek.... Dinas yang mengurusi informasi lho yang mengurusinya... lihat UU, PerKIP, PP, dan Permendagri yang aku kirim. Semoga Kabupaten Sukoharjo segera siap melaksanakannya, sebelum kebanjiran permintaan informasi.

  3. selamat mengikuti pelatihan KIM, pakeko. semoga lancar dan sukses, serta bermanfaat buat masyarakat banyak. alam.

  4. pakeko says:

    Pak Kadi dan Pak Sawali: Terima kasih. Tp sy bukan peserta, kebetulan yang mengadakan dinas saya. Ini latihan membuat reportase. hehe...
    Om Iyok: Sipppp!

  5. Wah.... saya numpang lewat aja nih...

  6. Pakeko says:

    Asuransi: Silakan..!!!!! Mari mampir-mapir dulu!

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!