19 April 2014

Mengenal Jenis Barang yang Dijual

0 komentar
Setiap orang pasti bisa berjualan. Sebab, jualan bukanlah seperti menyanyi, yang memerlukan bakat. Namun, jualan adalah seperti naik sepeda. Jika giat berlatih dan serius, pasti akan lancar.
Berikut ini akan saya sampaikan jenis barang yang bisa kita jual.
Ada dua jenis barang yang bisa kita jual:

A. Barang yang tidak perlu menawarkan karena pihak perusahaan telah mengiklankan di berbagai media

Barang-barang ini biasa dijual di toko-toko hingga supermarket. Anda akan dengan mudah menjual barang ini karena masyarakat sudah familier dengan merk produknya.
Anda tinggal membuka toko dan memajang barang-barang tersebut. Pembeli akan datang dan melakukan transaksi.
Kelemahan menjual produk ini:
  1. Memerlukan modal besar. Untuk membuka toko, diperlukan puluhan juta bahkan hingga ratusan juta rupiah, mulai dari membangun/membeli/menyewa toko, hingga mengisinya dengan barang dagangan.
  2. Anda hanya mendapatkan keuntungan dari selisih harga kulakan dan harga jual.
  3. Barang yang dijual adalah barang-barang yang umum, yang di setiap toko ada, bukan merupakan barang yang UNIK. Dengan demikian, tidak bisa pemasarannya tidak bisa dilakukan secara online.

  B. Barang yang perlu ditawarkan oleh Anda sebagai penjual

Produsen tidak melakukan iklan melalui media iklan. Barang tidak dijual secara umum di toko-toko. Untuk menjual barang-barang jenis ini, diperlukan keuletan dalam penawaran dan pengetahuan yang mendalam tentang sebuah produk. Biasanya, selain bertindak sebagai penjual, pemasar produk jenis ini juga akan bertindak sebagai konsultan mengenai produk tersebut.
Kelebihan menjual produk ini:
  1. Tidak memerlukan modal besar, karena Anda tidak harus mendisplay produk dalam skala besar. Anda hanya perlu menyiapkan materi penawaran berupa brosur, CD, atau materi powerpoint utk presentasi, dan sejumlah kecil produk. Biasanya, hanya butuh modal ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk memulai jualan produk ini.
  2. Pendapatan yang didapat oleh pemasar bukan hanya keuntungan langsung dari selisih harga kulak dan harga jual, namun akan mendapat bonus-bonus atau rabat dari perusahaan, berdasarkan omset penjualan.
  3. Barangnya UNIK, tidak mudah didapatkan, sehingga besar kemungkinannya pembeli akan menjadi pelanggan setia anda. Selain itu, karena tidak dijual secara umum di toko, Anda bisa berjualan secara online dengan memaksimalkan media sosial ataupun web/blog.
Kalau menurut Anda, barang jenis yang manakah yang lebih baik kita jual? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, tergantung Anda mau berbisnis dengan menjual produk yang jenis mana.

Saat ini yang saya jual adalah jenis barang yang kedua.
Jika Anda berminat jualan seperti saya dan ingin mengetahui barang-barang  yang dijual, silakan klik DI SINI

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!