27 April 2011

May Day

13 komentar
1 Mei diperingati sebagai hari buruh internasional atau yang sering disebut dengan May Day. Hari buruh internasional ini ditetapkan dalam Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris, melalui sebuah resolusi yang berisi sebagai berikut.
Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu di mana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.
Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

Di Indonesia, May Day diperingati muali tahun 1920. Namun, pada masa Orde Baru, peringatan hari buruh dilarang karena dianggap tindakan subversif. Selain itu, saat itu gerakan buruh juga dianggap berhubungan paham komunisme yang dilarang sejak Orde Baru.
Setelah pemerintahan  Orde Baru berakhir, meski bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei aksi-aksi peringatan hari buruh oleh organisasi-organisasi buruh marak kembali.

Di tahun 2011 ini, peringatan May Day tampaknya juga sudah dipersiapkan oleh berbagai organisasi buruh.
Di Tangerang, Persatuan Perlawanan Rakyat Indonesia (PPRI)melakukan sweeping ke sejumlah pabrik di Kota Tangerang dan mengajak para buruh pabrik untuk bergabung dalam aksi unjuk rasa dengan menduduki Istana Negara, 1 Mei mendatang.
Di sisi lain, Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) berencana tidak mengadakan demo guna memperingati hari buruh internasional. Sarburmusi berencana mengadakan seminar perburuhan, jalan sehat, turnamen futsal, dan istighosah.
Info selengkapanya mengenai geliat peringatan May Day 2011 dapat Anda lihat di sini.

Apapun bentuknya, kita berharap aksi peringatan Hari Buruh dilakukan dengan damai dan tanpa kekerasan ataupun kerusuhan. Harapan lain, tuntutan para buruh hendaknya menjadi perhatian pemegang kekuasaan dalam merumuskan kebijakan mengenai perburuhan. HIDUP BURUH, JAYALAH INDONESIA!!!

dari berbagai sumber

13 Responses so far

  1. Ane lebih setuju diadakan eminar perburuhan, jalan sehat, turnamen futsal, dan istighosah. Walaupun tidak sedemikian cocok tapi Ane setuju.

    Di sisi lain, Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) berencana tidak mengadakan demo guna memperingati hari buruh internasional. Sarburmusi berencana mengadakan seminar perburuhan, jalan sehat, turnamen futsal, dan istighosah

    Ane ikut masa 1998 dan Ane menyesal masa itu di masa ini, Ane menyesal

  2. Sukadi says:

    hapuskan sistem kerja kontrak, naikkan upah buruh... :)
    kalau pun terpaksa demo, asal jangan rusuh..

  3. Asop says:

    Pokoknya hari buruh jangan sampe rusuh. :D

  4. Di Indonesia profesi buruh sering dinomorduakan, dianaktirikan.
    Kayaknya ini pengaruh bahasa kita juga, karena kata buruh dalam bahasa kita dianggap rendah

  5. Semoga peringatan hari buruh tahun ini bisa lebih membawa dampak positif bagi kaum buruh, jauh dari kerusuhan ataupun tindakan yang justru akan merugikan kaum buruh sendiri.

    Istigoshah? Mm....saya belum berpikir ke arah ini.

    BTW, Pak Eko ini Tangerangnya mana ya? Saya di Jatiuwung.

  6. niQue says:

    saya menganggap karyawan saya sebagai saudara bukan buruh, jadi mereka tidak perlu ikut merayakan hari buruh dong :D :P

  7. herman y. supomo says:

    Mari kita rayakan hari buruh dengan demo besar-besaran di Perusahaan masing-masing, dengan bekerja lebih optimal. yg biasanya hanya kerja 7-8 jam mari kita bekerja 10 jam.(tdk usah minta uang lembur) Pokoknya kita demo dengan meningkatkan produktifitas kita.

  8. Dwi says:

    Wah hari saya banget tuh.., harapannya pemerintah mau mendengar aspirasi dari para buruh, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

  9. Pakeko says:

    @Johar: Sippp!
    @Pak Kadi: Selamat berjuang!
    @Asop: Siap!
    @Pak Mars: Mungkin gitu ya?
    @Abi: Gw di Surakarta, om. Ttg Tangerang, itu dr berita
    @niq: Kadang sama saudara lebuh tega lho...
    @Om Pomo: MARI!!!
    @Dwi: Yess~!

  10. Moga tiap peringatan tidak hanya menjadi seremonial belaka....

  11. Yang penting DAMAI ya pak eko/

  12. setuju, apapaun pacar yang diambil untyk memperingati hari buruh, jangan sampai ada kekerasan.

  13. semoga sistem outsourching segera hilang ya pak

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!