19 January 2011

Minggu Depan atau Minggu Belakang, ya???

23 komentar
"Minggu depan aku akan pergi ke Solo."
Minggu depan, sebah gabungan kata yang biasanya digunakan untuk menunjukkan satu minggu setelah sekarang. Kalimat yang saya tuliskan pada awal tulisan ini memiliki makna seminggu setelah sekarang, saya akan pergi ke Solo.
Pernahkah Anda mendengar orang mengucapkan frasa "minggu belakang"? Mungkin belum ada yang menggunakan frasa tersebut dalam bahasa Indonesia. Namun, dalam bahasa Jawa, frasa "minggu mburi" yang artinya adalah minggu belakang sering saya dengar. Misalnya, ada seseorang yang ditanya, "Kapan kowe bali menyang Jakarta?" (Kapan kamu kembali ke Jakarta?) Jika jawabannya adalah sekitar satu minggu yang akan datang, akan ada jawaban "minggu ngarep" (minggu depan), namun terkadang ada pula yang menjawab "minggu mburi" (minggu belakang).
Nah, bagaimana nih???
Sebuah acara dijadwalkan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Namun, karena ada sedikit permasalahan, acara dimulai pukul 09.00 WIB. Kita menyebutnya "acaranya diundur". 
Sesuatu yang sudah dijadwalkan, namun diganti waktunya pada saat yang akan datang disebut diundur, sedangkan jika diganti waktunya pada sebelum jadwal disebut diajukan. 
Kalau kita menyebut perubahan acara hingga saat yang akan datang  adalah diundur, bukankah seharusnya minggu yang akan datang adalah "minggu belakang"!?

gambar diambil dari meds.queensu.ca

23 Responses so far

  1. ~MHC~ says:

    hahahaha... Apik tenan ki...

  2. Imtikhan says:

    postingan bagus kawan
    sukses selalu ya

  3. Sukadi says:

    malah melu bingung Pak, masalahnya semua sudah menjadi bahasa yang sudah biasa, walau kedengarannya salah kaprah namun orang malah lebih ngerti dengan bahasa seperti itu... :D

  4. herman says:

    Cen angel, spt tanggalan "belakangnya" januari jg pebruari
    Tergantung kita menghadap kemana,
    ya kita sepakati sj, dlm bhs asing "depan=next, belakang=last"
    jd minggu yg akn dtg ya "minggu depan"

    ak malah melu mumet

  5. Purwanto says:

    Tinggal dari sisi mana kita melihat pak, kalo dari sisi kita maka saya lebih stuju "minggu depan" pak, logikanya bahwa seakan - akan kita berjalan berlawanan arah dengan waktu, jadi waktu yang telah kita lewati adalah waktu di belakang kita, sedangkan waktu yang akan kita lewati adalah waktu di depan kita, tapi akan terjadi sebaliknya jika kita melihat dari sisi yang lain (sisi waktu) makanya benar saja kalau ada istilah "waktunya diundur" = lebih lambat dari jadwal semula, atau "waktunya dimajukan" = lebih cepat dari jadwal semula, karena kita melihat dari sisi yang berlawanan arah dengan kita.
    itu sekedar opini saya... hehe...

  6. widodo says:

    salah kaprah,ha,,ha,,,seperti yang sudah di singgung pakde pada artikelnya kemarin...
    tapi merubah kultur memang tidak mudah pak,membudayakan kata "minggu belakang" sepertinya butuh waktu yang lumayan lama..he..he..

  7. joe says:

    minggu belakang mungkin padanan katanya adalah minggu kemarin

  8. Thomas says:

    kreatif.....
    kunjungan perdana
    salam

  9. choirul says:

    kata guru ku dulu kayak gitu itu pengaruh dari bahasa daerah, jadinya ya salah kaprah kalo dilihat....

  10. Admin says:

    GOOD NEWS!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    1. ENGLISH TUTORS

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    2. COURSE ADVISOR (MARKETING)

    Qualifications:

    1. Communicative, Persuasive, Creative
    2. Having Experience
    3. Able to work full time

    Placement :
    => Batam - Balikpapan – Samarinda - Makassar – Pekanbaru - Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    3. STAF ADMIN

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335

    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    4. FRONT OFFICER

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Berpenampilan menarik
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Gedung Graha Pena Lt. 5 Sute 510
    Jl. Raya Batam Centre
    telp: (0778) 460785
    Batam

    dan

    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335
    Denpasar - Bali
    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

  11. fizer0 says:

    wah dadi bingung, sakomonge wae lah,, penting sing dijak omong mudeng..

  12. Qefy says:

    Waaaah sangat ngejelimet ya tapi asik penyampaiannya. Saya suka. Lebih baik ikut saja, apa yang terjadi itulah kisah kita:)

  13. evrishare says:

    iya juga sie pak,,,,wah dapet tambahan kata-kata baru nie,,
    minggu belakang saya membeli buku....(wah koq jadi aneh gini ya) hehehhe

  14. Salam... .
    Nambah pengetahuan,terimakasih... .
    Ane libih suka menyebut secara spesifik Pak... .kepengaruh budaya kantor... .

  15. bahasa jawa ya?

    mantap gan artikelnya

  16. Rizky2009 says:

    depan belakang menurut aq sam aja sob

  17. Dadine maju kena, mundur ya padha wae ... ya mas Eko ...he..he...

  18. Dwi says:

    kayaknya lebih cocok kalau minggu ngarep Pak haha..

  19. saya turunan jawa malah ga tau istilah kata jawa..

  20. r10 says:

    jadi pusiiing, yg penting lawan bicara kita mengerti lha... kalau kita punya acara minggu depan... eh minggu belakang :p

  21. ibnu says:

    acaranya diundur besok minggu depan. klo msalah teori ini gak begitu tahu

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!

logowaktoooo