24 November 2010

Membuat Blog dengan Blogspot

2 komentar
Bagi narablog, tulisan ini tidak berguna. Namun bagi yang belum mengenal dunia blog, semoga tulisan ini dapat mengantarkan Anda mengarungi dunia blog.
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan AdSense, posting berbayar, jualan link, afiliasi dan lain-lain.  (dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Blog)
Bagaimana cara membuat blog? Banyak situs yang menyediakan fasilitas pembuatan blog gratis, antara lain blogsot.com, wordpress.com, dagdigdug.com, dann sebagainya. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas teknik pembuatan blog dengan blogspot.com.
Untuk membuat blog dengan blogsopt, kita harus punya akun google / email Gmail.
  1. Langkah pertama, buka www. blogspot.com. Di layar sebelah kanan terdapat isian masuk ke google akun. Jika sudah punya akun google, masukkan email dan sandi, lalu "masuk". Jika belum punya, klik "memulai" pada kotak di bawahnya.
  2. Setelah masuk, isikan nama tampilan untuk tampilan nama Anda di blog. Jangan lupa contreng Penerimaan persyaratan.
  3. Klik Lanjutkan.
  4. Edit profil dan pasang foto profil Anda, lalu Klik Ciptakan Blog Anda.
  5. Masukkan judul blog dan alamat blog yang Anda inginkan. Klik Cek Ketersediaan. Jika tertulis "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia", masukkan alamat yang lain hingga tersedia.Lalu klik lanjutkan.
  6. Pilih template, klik lanjutkan. Tarara...... blog Anda sudah jadi! Selamat ngeblog. Anda dapat mulai mengepos sekarang atau mengubahsuaikan tampilan blog Anda..
  7. Silakan mulai menulis dan melakukan penngatiran blog. Nantikan tips-tips blogspot yang lain! 
  8. Untuk menerbitkan Blog, silakan KLIK DI SINI

2 Responses so far

  1. Ivalesha says:

    Numpang baca uuummmm....

  2. Pakeko says:

    wah... nek iki blogger tenan. Salam kenal. xixixix...

Leave a Reply

Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Silakan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi Anda!